• 0813 1448 3008 / WA : 082 1133 5 8282
  • airapro17@gmail.com

4 Macam Mesin Cetak yang Banyak Digunakan dan Fungsinya

4 Macam Mesin Cetak yang Banyak Digunakan dan Fungsinya

Dunia percetakan semakin berkembang dengan majunya teknologi. Meningkatnya kebutuhan pasar akan percetakan tidak memungkiri bahwa usaha ini sangat menggiurkan. Siapa sangka bahwa mesin cetak elektronik pertama kali muncul tahun 1968 dan dari sinilah usaha percetakan semakin berkembang. Masyarakat membutuhkan percetakan untuk mempromosikan bisnis mereka melalui pamflet, brosur, foto dan lain sebagainya.

4 Macam Mesin Cetak yang Banyak Digunakan dan Fungsinya

Bagi Anda yang ingin membangun bisnis tertentu perlu mengetahui jenis mesin cetak seperti apa yang tepat untuk digunakan. Ada macam macam mesin cetak dan fungsinya dan kini bukan hanya mencetak ke atas kertas saja. Mesin cetak kini dibuat lebih canggih sehingga bisa mencetak gambar atau tulisan ke media lainnya. Misalnya saja kaos, mug, atau merchandise lainnya.

Cara Kerja Macam Macam Mesin Cetak dan Fungsinya

 

Cara Kerja Macam Macam Mesin Cetak dan Fungsinya

Fungsi utama dari mesin cetak adalah untuk membuat salinan tulisan atau gambar yang identik pada berbagai material lainnya. Jumlah salinan bisa saja satu hingga ribuan. Dulunya mesin cetak hanya berperan penting dalam usaha penerbitan buku, namun kini tidak lagi. Semakin banyaknya variasi mesin cetak membuat berbagai material menjadi objek cetak yang menarik.

Baca Selengkapnya :  Buka Usaha Percetakan Tali Lanyard? Miliki Dahulu 2 Alat Ini!

Melalui mesin cetak, proses pembuatan salinan menjadi lebih cepat dan hasilnya sempurna. Apa saja mesin cetak yang kini banyak digunakan? Bagaimana cara kerja dan fungsinya? Yuk simak macam macam mesin cetak dan fungsinya berikut ini.

  • Mesin Cetak Rotogravure

Mesin ini paling banyak digunakan untuk mencetak uang kertas hingga uang logam. Di dalam mesin terdapat silinder yang nantinya berputar. Sedangkan ukiran berasal dari pelat film. Mesin akan berputar dan silinder mencetak ukiran, prosesnya cukup lama karena rumit. Walaupun lama, namun hasil cetaknya akan memberikan gambar, warna dan juga ukiran yang berkualitas tinggi. Warna yang dihasilkan lebih konsisten dengan tinta berbasis solvent, sehingga warna lebih tajam dan tahan lama.

  • Mesin Flexographic

Jenis yang kedua ini sering disebut sebagai mesin flexo, sesuai dengan namanya yang berasal dari kata fleksibel, pelat cetak mesin ini terbuat dari karet. Struktur dari karet yang fleksibel akan menciptakan hasil cetak yang lebih cepat. Cara mesin bekerja sama seperti stempel yang merupakan prinsip utamanya. Tulisan atau gambar nantinya akan terukir dalam karet dalam posisi terbalik di dalam mesin. Kemudian dilakukan roll transfer yaitu memindahkan tinta ke dalam pelat karet. Mesin akan berputar ketika dinyalakan dan kertas, plastik, karung, atau benda lainnya akan mengenai permukaan karet.

  • Mesin Cetak Offset

Fungsi utama dari mesin cetak adalah untuk membuat hasil cetakan dalam jumlah besar. Biaya untuk mencetak lebih murah namun prosesnya cukup lama karena masih termasuk manual. Namun hasilnya warna lebih tahan lama. Cara kerja mesin ini dimulai dengan membuat repro film berupa plat alumunium, kemudian dipasang. Dilanjutkan dengan mengatur plate serat tinta dan kertas. Setelah selesai dicetak, kertas harus dilaminasi agar lebih halus dan tahan lama.

  • Mesin Cetak Digital

Saat ini mesin digital printing adalah yang paling banyak diminati karena termasuk mesin yang paling baru. Menggunakan teknologi terbaru membuat mesin ini paling mahal di antara yang lainnya. Cara kerja dari mesin cetak digital adalah menggunakan komputer atau laptop. Gambar atau tulisan dengan desain tertentu telah dibuat di dalam komputer kemudian head printer nantinya akan bekerja sesuai dengan desain tersebut. Fungsi dari mesin ini paling luas karena bisa mencetak banner outdoor, indoor, foto, mug, dll.

Itulah macam macam mesin cetak dan fungsinya, setelah membaca artikel tersebut kalian pasti jadi lebih tahu kan soal mesin cetak dan fungsinya yang beragam.

superadmin

Leave a Comment