• 0813 1448 3008 / WA : 082 1133 5 8282
  • airapro17@gmail.com

Mengenal Jenis-jenis Tinta Sablon Waterbase, Solventbase dan Tinta Efek Spesial

Mengenal Jenis-jenis Tinta Sablon Waterbase, Solventbase dan Tinta Efek Spesial

 

Mengenal Jenis-jenis Tinta Sablon Waterbase, Solventbase dan Tinta Efek Spesial

Jenis tinta sablon yang digunakan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kualitas sablon. Saat ini, ada beberapa jenis tinta sablon yang umum digunakan untuk berbagai kebutuhan sablon seperti misalnya membuat tali id card, kaos, mug, dan lain sebagainya.

Tinta sablon tersebut dapat dibedakan menjadi tinta sablon berbasis air, tinta sablon berbasis minyak, serta tinta efek spesial.

Tinta Berbasis Air (Waterbase)

Tinta sablon berbasis air akan cepat kering pada saat digunakan. Jenis-jenis tinta waterbase tersebut adalah :

1. Tinta Rubber (karet) : Sesuai namanya, jenis tinta ini sangat elastis, sehingga bisa melar. Umumnya digunakan untuk sablon testils. Semakin berkualitas tintanya, semakin elastis sifatnya.

2. Tinta Karet Transparan : Merupakan jenis tinta karet dengan karakter transparan. Sehingga bisa digunakan untuk sablon separasi.

3. Tinta Extender: tinta sablon bahan tekstil dengan karakter bening. Sehingga tinta ini tidak bisa digunakan untuk bahan dengan warna gelap, karena desain tidak akan terlihat dan hasilnya tidak bagus.

Baca juga : Membuat ID card Lebih Menarik dengan Kreasi Sendiri? Simak Dulu Detail Komponen ID Card yang Jangan Sampai Terlewat!

4. Tinta Softwhite : Tinta sablon yang menghasilkan wana putih lembut (tidak tipis). Kelebihannya, tinta ini masih bisa digunakan pada permukaan gelap, serta menggunakan tekni gradasi atau raster.

5. Tinta Foaming : Tinta busa biasanya diebut juga tinta timbul. Saat dipress panas, tinta ini akan mengembang. Setelah selesai, desain akan memperlihatkan efek timbul. Banyak digunakan pada kaos, hampir tidak pernah digunakan untuk lanyard.

6. Tinta Metalic : Kalau kamu pernah melihat hasil sablon berwarna emas atau silver, maka jenis tinta yang digunakan adalah tinta metalic. Tinta ini mnegandung binder metail dan juga serbuk metalik. Namun karena kedua komponen tersebut dapat mengalami oksidasi, maka harus dicampurkan mendadak sesaat sebelum digunakan.

Tinta Berbasis Minyak (Solventbase)

Tinta Solventbase lebih mudah diaplikasikan pada berbagai permukaan bahan sablon. Seperti misalnya Tali lanyard, mug dan lain sebagainya. Tinta berbasis minya tersebut adalah :

1. Tinta PVC : Tinta PVC bisa digunakan menyablon pada berbagai permukaan. Mulai dari mika, kayu, akrilik, kertas dll. Tinta ini dalam penggunaannya dicampur minya M3 sebagai pengencer dan mudah dibersihkan.

2. Tinta Polytuf : Menggunakan pherfin sebagai pencampur, jenis tinta ini banyak digunakan untuk menyablon kemasan karung plastik.

3. Tinta Polymate : Karakteristiknya mirip polytuf, dengan minya M4 sebagai pengencer. Biasanya tinta ini digunakan menyablon plastik PE hingga kantong kresek.

4. Tinta Heavy Duty : Dikenal juga sebagai tinta industrial, terdiri dari berbagai macam jenis tinta. Penggunaannya pun beragam, disesuaikan dengan media yang digunakan. Apakah keramik, metal, plastik dan lain sebagainya.

5. Tinta Nylon : Sesuai namanya, tinta jenis ini digunakan untuk menyablon di atas permukaan bahan nylon. Namun tinta ini juga bisa digunakan untuk bahan polyester. Ini adalah jenis tinta yang banyak digunakan untuk menyablon tali ID Card. Pengencer dan pembersihnya adalah menggunakan M3.

Tinta Efek Spesial

Selain jenis-jenis tinta sablon berbasis air dan minyak, ada lagi tinta efek spesial. Seperti namanya, jenis tinta ini akan memberikan efek khusus pada hasil sablonnya. Sebut saja beberapa di antaranya adalah : Tinta glow in the dark, tinta glitter, tinta crack binder (efek retak) atau flocking (beludru).

Adanya tinta efek spesial memang membuat kreativitas desain sablon semakin tidak terbatas. Penggunaan tinta efek spesial ini juga harus disesuaikan dengan bahan tekstil yang dipilih. Kebanyakan digunakan untuk sablon kaos, tapi bisa juga untuk topi, tas, dan tali ID Card.

 

superadmin

Leave a Comment